Halaman

Sunday 3 December 2017

Soal PKN 7 : Ulangan Harian

Ulangan Harian

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaaan-perbedaan dalam 
    berbagai bidang terutama suku bangsa, ras, agama, ideologi, budaya 
    (masyarakat yang majemuk) adalah Pengertian…
a. kebinekaan
b. keragaman
c. kebangsaan
d. kemajemukan

2. Berikut istilah yang digunakan untuk menggambarkan masyarakat yang 
    majemuk yang terdiri dan ras, agama, bahasa, dan budaya yang berbeda, kecuali…
a. masyarakat plural,
b. masyarakat heterogen,
c. masyarakat multikultural
d. rnasvarakat religious

3. Kebudayaan adalah sarana hasil karya, dan cipta manusia dalam 
    masyarakat. Pendapat ini dikemukakan oleh
a. Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi
b. Bronislaw Malinowski
c. Melville J. Hensicovits
d. Frans Magnis Soeseno

4. Suku bangsa di Indonesia menurut para ahli lebih dari….
a. 700 suku bangsa
b. 600 suku bangsa
c. 400 suku bangsa
d. 300 suku bangsa

5. Masyarakat Tengger penganut agama Hindu (Buddha Mahayana 
    menurut Parisada Hindu Jawa Timur) berbondong-bondong 
    menuju puncak Gunung Bromo, untuk merayakan
a. Ngaben
b. Sekaten
c. Kasada
d. Kenduren

6. Upacara Sekaten dilaksanakan untuk memperingati….
a. kelahiran Buddha Gautama
b. kelahiran Nabi Muhammad saw.
c. Isro’ Mi;raj
d. Tahun Baru Islam

7. Keberagaman budaya Indonesia meliputi hal-hal berikut, kecuali…
a. suku bangsa
b. bahasa daerah
c. bentuk rumah adat
d. pakaian daerah

8. Upacara pembakaran jenazah atau kremasi urnat Hindu di Bali disebut….
a. Batu lompat
b. Ngaben
c. Tabuik
d. Pasola

9. Di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, antara laki-laki dan perempuan 
   tidak ada diskriminasi, yang membedakan antara keduanya adalah
a. harkat dan martabatnya
b. pangkat dan jabatan
c. iman dan takwa
d. jabatan dan kedudukan

10. Kolintang adalah alat musik yang berasal dari…
a. Sulawesi Utara
b. Kalimantan Selatan
c. Sumatera Utara
d. Jawa Tengah

11. Perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan saat 
     dilihat dan nilai dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari adalah 
     pengertian dari…..
a. kesetaraan
b. persamaan
c. gende
d. harkat

12. Kerukunan umat beragama di masa lalu antara agama Hindu dan 
     Buddha digambarkan dalarn semboyan…
a. Bhinneka Tungal ika
b. bersatu kita teguh bencerai kita runtuh
c. tanhana dharma mangrwa
d. berat sama dipikul ringan sama dijinjing

13. Badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia 
     (BPUPKI) dikenal dengan sebutan.,.
a. Dewan Rakyat
b. Panitia Kemerdekaan
c. Dokuritsu Zunbi Iinkai
d. Dokuritsu Zunhi Coosakai

14. Setelah tugas Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan 
      Indonesia (BPUPKI) selesai maka badan tersebut dibubarkan dan 
      dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal...
a. 1 Maret 1945
b. 29 Mei 1945
c. 1 Juni 1945
d. 7Agustus 1945

15. Perumusan teks Proklamasj Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di…
a. Jalan Pegangsaan Tirnur No. 1 Jakarta
b. Jalan Imarn Bonjol No. 1 Jakarta
c. Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta
d. Jalan Imam Bonjol No. 56 Jakarta

16. Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diketik oleh…
a. Sutan Syahrir
b. Sayuti Melik
c. Sukarni
d. Ahmad Subardjo

17. Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal....
a. 14 Agusrus 1945
b. 15 Agustus 1945
c. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945

18. Peristiwa Rengasdengklok rnempunyai makna...
a. perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda
b. agar tidak mendapat pengaruh dari Jepang
c. Sukarno- Hatta mendapat tekanan dari golongan tua
d. bersatunya pendapar antara golongan tua dan golongan muda

19. Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menghasilkan keputusan 
      sebagai berikut, kecuali…
a. memilih presiden dan wakil presiden
b. membentuk BKR atau tentara kebangsaan
c. mengesahkan undang-undang dasar
d. tugas presiden untuk sementara waktu dibantu oleh Komite Nasional

20. Tugas Komite Nasional Indonesia Puasat (KNIP) adalah
a. mengawasi jalannya pemerintah
b. mernbanru presiden
c. menjaga negara
d. nengawasi jalannya pernilu

21. Tokoh yang merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah…
a. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo
b. Soekarno, Moh. Harta, dan Sayuti Melik
c. Mob. Hatta, Ahmad Soebardjo, dan Sayuti Melik
d. Soekarno, Moh. Hatta dan Sukarni

22. Rancangan hukum dasar Indonesia merdeka disiapkan oleh…
a. PPKI
b. BPUPKI
c. KNIP
d. Panitia Sembilan

23. Secara yuridis formal negara RI berdiri pada tanggal….
a. 22 Juni 1945
b. l7 Agustus 1945
c. l8 Agustus 1945
d. 22 Agustus 1945

24. Harga diri bangsa Indonesia dinyatakan dalarn Pembukaan UUD 1945 Alinea
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

25. Yang bukan arti penting dan kemerdekaan suatu negara adalah….
a. sebagai titik awal pembangunan
b. terangkatnya kembali harga diri bangsa
c. tanda berakhirnya perjuangan suatu bangsa
d. titik puncak perjuangan melawan penjajahan

26. Secara de jure Jepang tidak lagi berkuasa atas Indonesia sejak…
a. Indonesia merdeka
b. Belanda datang di Indonesia
c. menyerah kepada Sekutu
d. dibentuknva BPUPKI

27. Hukum dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia disebut…
a. UU
b. UUD
c. konvensi
d. konstituante

28. Penegasan bangsa Indonesia menolak segala bentuk peniajahan 
      ditegaskan dalam UUD 1945 pada…
a. Alinea I
b. Alinea II
c. Alinea III
d. Alinea IV

29. Berikut yang bukan hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan 
      Indonesia dengan UUD adalah…
a. pembukaan merupakan rangkaian yang terpisahkan dengan Proklamasi 
Kemerdekaan Indonesia
b. pembukaan merupakan pernyataan kemerdekaan yang lebih terperinci
c. pembukaan rnerupakan penjelasan dan penegasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. pembukaan sebagai pernyataan dan penegasan bangsa Indonesia untuk merdeka

30. Setia pada cita-cita Proklarnasi Kemerdekaan Indonesia merupakan bentuk…
a. ketaatan pada pemerintah
b. sikap positif terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
c. sikap yang berlebih-lebihan dan arogan
d. upaya mempertahankan kernerdekaan

31. Kernerdekaan Indonesia dicapai karena hal-hal Sebagai berikut, kecuali…
a. perjuangan seluruh rakyat Indonesia
b. rahmat Alah Yang Maha Kuasa
c. penberian oleh negara lain
d. tekad bangsa Indonesia untuk merdeka

32. Dengan diproklamasikannya kemerdekaan para pejuang Indonesia ....
a. mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
b. rnenghadapi datangnya tentara Sekutu dan NICA
c. rnenyusun kelengkapan negara Indonesia
d. menggantikan semua kerugian akibat perang

33. UUD Negara Republik Indonesia dirancang dan dipersiapkan oleh
a. BPUPKI
b. PPKI
c. Panitia kerja
d. Panitia Ad Hoc

34. Perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka tercapai karena…
a. hadiah dari negara Jepang
b. rahrnat Tuhan Yang Maha Kuasa
c. hasil kerja keras bangsa Indonesia
d. kekalahan Jepang terhadap Amerika

35. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak perjuangan 
      untuk rnencapai kemerdekaan. Dilihat dan segi hukurn proklamasi berarti…
a. pengakuan terhadap negara secara de facto
b. pengakuan terhadap negara secara de jure
c. masih tetap berlakunya hokum colonial
d. pengakuan Negara RI secara de facto dan de jure

36. Cara pandang bangsa Indonesia untuk mengetahui diri dan lingkungannya 
      berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam mencapai tujuan nasional disebut…
a. ketahanan nasional
b. wawasan nasional
c. stabilitas nasional
d. Wawasan Nusantara

37. Negara Indonesia terdiri dan berbagai pulau-pulau. Pulau tersebut merupakan…
a. bagian-bagian yang terpisah
b. bagian-bagian yang berdiri sendiri
c. Wilayah yang hidup sendiri-sendiri
d. satu kesatuan yang tidak terpisahkan

38. Sikap kita sebagai warga negara untuk mewujudkan cinta tanah air 
     dan bangsa dapat dilakukan dengan….
a. mengibarkan bendera Merah Putih
b. rnenjaga nama baik bangsa dan negara
c. menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap saat
d. menggantungkan hidupnya kepada bangsa dan Negara

39. Salah satu semangat dan nilai-nilai juang pada tahun 1945 yang perlu 
      kita warisi adalah…
a. memusuhi negara adikuasa
b. keinginan mernusuhi bangsa kulit putih yang tetah menyengsarakan rakyat
c. menolak terhadap kekuatan asing di Indonesia
d. rela berkorban untuk bangsa dan negara

40. Bangsa Indonesia anti terhadap penjajahan karena hal-hal berikut, kecuali…
a. kemerdekaan adalah hak segala bangsa
b. dengan merdeka kita dapat membangun negara adikuasa
c. penjajahan mengingkari persamaan derajat antarmanusia
d. penjajahan bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

41. Naskah Prok1amasi Kernerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh 
      Soekarno mengatas namakan
a. rakyat Indonesia
b. bangsa Indonesia
c. ketua BPUPKI
d. wakil rakyat

42. Munculnya perbedaan golongan tua dan golongan muda 
      menyebabkan para pemuda membawa Soekarno ke daerah…
a. Bekasi
b. Tangerang
c. Rengasdengklok
d. Depok

43. Terjadinya peristiwa Rengasdengklok menunjukkan bahwa para pemuda…
a. tidak lagi mernpercayai golongan tua
b. golongan tua tidak lagi konsisten dengan tujuan awal
c. jiwa muda dan kepedulian terhadap kondisi negara
d. selalu mengutamakan emosi dan mengabaikan pemikiran rasional

44. Proklarnasi kemerdekaan yang dicapai bangsa Indonesia adalah…
a. kesadaran nasional
b. tujuan akhir dari semua perjuangan bangsa
c. hanya alat untuk rnencapai cita-cita bangsa dalam rnencapai tujuan negara
d. keinginan yang sudah lama diharapkan

45. Sidang PPKI yang pertama memutuskan hal-hal berikut, kecuali….
a. mengesahkan Piagarn Jakarta
b. mengesahkan UUD
c. memilih presiden dan wakil presiden
d. untuk sementara waktu tugas presiden akan dibantu Komite Nasional

46. Pembagian wilayah RI menjadi 8 provinsi yang dikepalai oleh gubernur 
merupakan hasil siding….
a. BPUPKI I
b. BPUPKI II
c. PPKI I
d. PPKI II

47. Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dibentuk oleh pemerintah Indonesia pada tanggal…
a. 5 Oktober 1945
b. 3 November 1945
c. 26 Januari 1946
d. 7 Juni 1947

48. Menernpatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan 
      pribadi dan/atau golongan merupakan wujud pengamalan sila…
a. II
b. III
c. IV
d. V

49. Wujud kebanggaan kita kepada bangsa dan negara dapat ditunjukkan dengan cara
a. bergaul tanpa membeda-bedakan Sara
b. bergaul dengan kelompok yang memiliki ideologi sama
c. bekerja sama untuk kepentingan komunitas tertentu
d. mengembangkan semangat rela berkorhan untuk kepentingan golongannya

50. Kecintaan terhadap tanah air di sekolah dapat dilakukan oleh siswa dengan…
a. mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler
b. menjadi pengurus OSIS
c. membantu dan membela temannya meskipun ia bersalah
d. memelihara lingkungan hidup

No comments:

Post a Comment